--> Cara Chat Dosen Dengan Benar. Mahasiswa Akhir Wajib Baca | AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini

Cara Chat Dosen Dengan Benar. Mahasiswa Akhir Wajib Baca

SHARE:

Baca Juga :
Cara Chat Dosen Dengan Benar
Cara Chat Dosen Dengan Benar

Kalian para mahasiswa pastinya akan berhadapan dengan yang namanya skripsi ataupun tesis pada saat memasuki semester 7 (tujuh) atau semester akhir. Tentu dalam pengerjaan skripsi kalian akan dibimbing oleh dosen yang mana itu ditentukan langsung oleh Fakultas.

Pastinya setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang gaya komunikasinya kaku ada juga yang fleksibel. Tetapi sebagai mahasiswa tentunya harus bersikap sopan saat berkomunikasi dengan dosen baik secara langsung atau melalui handphone atau istilah kerennya adalah Chat.

Berikut ini adalah cara chat dosen dengan baik dan benar. Nah buat kalian mahasiswa akhir wajib baca sampai selesai agar urusan bimbingan dengan dosen lancar sampai lulus.

1. Perhatikan Waktu.

Pastikan kalian saat chat atau ngechat dosen pembimbing kalian di hari kerja, yakni senin sampai dengan jumat dan hindari chat pada weekend (hari sabtu atau minggu). Kadang diantara hari senin-jumat tersebut ada liburnya sebaiknya juga dihindari. Ada dosen yang tidak keberatan dichat pada saat hari libur tetapi sebaiknya kalian tetap komunikasi atau ngechat pada saat hari kerja.

Selain hari kerja, pastikan juga kalian untuk ngechat di jam kerja juga yakni di jam 08.00 pagi sampai jam 05.00 sore. Jangan sampai chat kemalaman, tetapi apabila kamu dibalas chat saat malam hari oleh dosen kalian, balas saja chat tersebut pada pagi harinya.

2. Gunakan Bahasa yang Baik

Saat ngechat dosen kalian, pastikan kalian menggunakan bahasa yang sopan dan formal. Hal tersebut adalah bentuk sikap menghormati dosen yang bersangkutan. Meskipun dosennya terkesan orangnya santai, tetapi kalian harus tetap sopan dan formal saat ngechat atau komunikasi.

3. Contoh Chat

Agar kalian tidak bingung bagaimana chat dosen dengan baik dan benar, inilah contoh atau cara yang bisa kalian ikuti :

1. Salam sesuai Agama

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh / Syalom / Salam Sejahtera / Om Swastiastu 
(Bagian ini Sesuaikan dengan agama dari Dosen Kalian).

2. Salam dan Perkenalkan Diri secara Lengkap

Selamat Pagi / Siang / Sore, Bapak / Ibu (nama dosen) , Mohon maaf menggangu waktunya. Perkenalkan saya (nama lengkap kalian), NIM (Nomor Induk Mahasiswa kalian). Saya adalah salah satu mahasiswa Program Studi (program studi kalian), Jurusan (Jurusan kuliah kalian) dari kelas  (mata kuliah) yang diajar oleh Bapak/Ibu.

3. Sampaikan Maksud Kalian

Saya izin (pada bagian ini sampaikan maksud kalian apakah ingin bertanya atau ingin memberitahu atau lainnya) contoh :
a. saya izin memberitahukan bahwa bapak/ibu adalah dosen pembimbing saya; atau
b. saya izin bertanya apakah bapak/ibu berkenan saya temui pada hari ini untuk bimbingan?; atau
c. saya izin konfirmasi apakah bapak/ibu berkenan saya telepon untuk menjelaskan skripsi saya?.

4. Penutup

Terima kasih sebelumnya Bapak/Ibu. Mohon petunjuk dan arahannya
(Jangan lupa emoticon andalan "tangan terkatup" sebagai pelengkap (tidak wajib))
Emoticon andalan

Tambahkan juga salam sesuai agama (tetapi tidak wajib dibagian akhir ini).

Penting untuk diperhatikan :

- Kalian bisa saja chat dosen kalian saat hari libur atau weekend. Jangan lupa dalam isi chat kalian tambahkan sebelum kalian menyampaikan maksud kalian (poin nomor 3) diatas kata-kata ini :
"Sebelumnya saya mohon maaf karena menggangu hari istirahat bapak/ibu"

- Kalian hanya perlu memperkenalkan diri sekali pada saat chat awal, kecuali dosen kalian tidak ingat lagi dan bertanya kalian siapa, baru kenalkan diri sekaligus prodi, jurusan dan NIM kalian. Pada chat berikut langsung saja pada intinya yakni : 
Salam sesuai agama'
Selamat pagi/siang/sore,
Maaf mengganggu,
Sampaikan maksud,
Mohon petunjuk dan arahannya
Terimakasih

- Cari tahu karakter dosen pembimbing kalian kepada kakak senior kalian atau kepada teman-teman kuliah agar tidak salah arah. Ada juga dosen yang tidak suka ada emoticon pada pesan chat.

Demikian cara chat dosen dengan benar buat kalian para mahasiswa akhir. Semoga bermanfaat

Redaksi

COMMENTS

Dapatkan update Informasi Beasiswa dan Lomba dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO BEASISWA DAN LOMBA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfobeasiswadanlomba , kemudian join.
Dapatkan update Informasi Lowongan Kerja dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO LOWONGAN KERJA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfolowongankerja , kemudian join.
Afsinstitute.id merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis apa saja tentang Pengembangan diri, dunia kerja maupun seputar kuliah dan sekolah. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

100 Template PowerPoint Gratis,1,Alasan Resign,1,Cara Cepat Dapat Kerja,1,Cara Chat Dosen,1,Contoh Surat Pengunduran Diri,1,Curriculum Vitae,1,CV ATS Friendly,1,CV Creative,1,Download Surat Resign,1,Dunia Kerja,7,Fresh Graduate,1,Interview Kerja,1,Menghilangkan Kebiasaan Menunda,1,Menjawab Pertanyaan HRD,1,Personal Development,1,PowerPoint,1,Presentasi,1,Public Speaking,2,Rekomendasi,1,Resignation Letter,1,Skill,1,Surat Resign,1,Surat Resign Word,1,Template PowerPoint Keren dan Gratis,2,Tips,3,Wawancara Kerja,1,
ltr
item
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini: Cara Chat Dosen Dengan Benar. Mahasiswa Akhir Wajib Baca
Cara Chat Dosen Dengan Benar. Mahasiswa Akhir Wajib Baca
Berikut ini adalah cara chat dosen dengan benar. Nah buat kalian mahasiswa akhir wajib baca sampai selesai agar urusan bimbingan dengan dosen lancar s
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEb6_X9D5DJi60RaKKUpZrtMyJOBwKScpwkAIg_NWo0aS56-ZEivHfpr2M6xKDcxZXE6buplCzwx4F5E-Hb2ju6QhzL-7DFY3W-s5bUkd_SC4YAj8EhLaMFR5gq3-wUgDbyrcyPFRMR5l35ihh96CeNaZ31vqWyQ-jywH32zERFUmTwNs6_0hHRE0J3g/w640-h426/Cara%20Chat%20Dosen%20yang%20baik%20dan%20benar.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEb6_X9D5DJi60RaKKUpZrtMyJOBwKScpwkAIg_NWo0aS56-ZEivHfpr2M6xKDcxZXE6buplCzwx4F5E-Hb2ju6QhzL-7DFY3W-s5bUkd_SC4YAj8EhLaMFR5gq3-wUgDbyrcyPFRMR5l35ihh96CeNaZ31vqWyQ-jywH32zERFUmTwNs6_0hHRE0J3g/s72-w640-c-h426/Cara%20Chat%20Dosen%20yang%20baik%20dan%20benar.png
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini
https://www.afsinstitute.id/2022/08/cara-chat-dosen-dengan-benar-mahasiswa.html
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/2022/08/cara-chat-dosen-dengan-benar-mahasiswa.html
true
8257440612078988023
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content