Tidak dapat dipungkiri bahwa pada era saat ini persaingan di dunia kerja semakin ketat, banyak sekali lulusan baik di tingkat sekolah menegah atas maupun lulusan kuliah harus bersaing satu sama lain untuk dapat memperoleh pekerjaan di perusahaan bersar demi menerapkan ilmu yang diperolah dan mendapatkan hak serta jaminan kerja yang layak.
Bagi lulusan baru atau istilah kerennya freshgraduate maupaun para pencari kerja tersebut terkadang masih belum paham atau masih awam mengenai kebutuhan yang diinginkan oleh Perusahaan-perusahaan besar dalam mencari rekrutan baru. Alhasil banyak sekali pelamar yang harus pulang dengan kecewa atau berakhir dengan penolakan akibat tidak dapat memenuhi ekspektasi, kualifikasi atau standar yang ditetapkan oleh Perusahaan tersebut.
Selain itu juga bagi karyawan juga wajib memahami dan memiliki 5 soft skill yang dibahas, agar kalian tidak sampai tergerus karena persaingan yang ketat dalam dunia kerja. Tentu tidak ada salahnya kalian terus belajar meningkatkan diri sehingga menjadi lebih baik lagi.
Oleh karena itu berikut ini adalah bocoran 5 soft skill yang paling dibutuhkan oleh perusahaan besar serta wajib dimiliki oleh karyawan maupun freshgraduate agar bisa cepat memperoleh pekerjaan dan memingkatkan karir di dunia kerja.
1. Problem Solving
Skill ini sangat dibutuhkan sehingga ditempatkan posisinya paling awal, karena pada perusahaan besar tidak dapat dipungkiri akan ada masalah yang tiba-tiba muncul dan sifatnya penting dan mendesak sehingga harus diselesaikan.
Oleh karenanya skill Problem solving ini akan sangat bermanfaat dalam penyelesaian masalah yang muncul tersebut. Kuncinya adalah ketepatan dan kecepatan dalam mengatasi permasalahan yang muncul tersebut.
2. Critical and Analytical Thingking
Skill critical and analytical thingking atau kemampuan untuk dapat berpikir kritis analitis adalah skill yang juga tidak kalah penting serta dapat menjadi penunjang utama skill Problem solving diatas. Karena dengan dapat berpikir kritis dan mampu menganalisa sebuah masalah, kita akan mampu melihat inti permasalahan serta solusi dan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.
3. Self Management
Pada tempat ketiga adalah skill Self Management atau secara sederhana adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengatur waktu, terus berkembang, dan mempunyai visi dan goal yang jelas kedepannya.
Orang dengan kemampuan self management yang baik cenderung akan sangat produktif dan akhirnya memudahkan dirinya untuk mendapatkan bonus, promosi serta prestasi yang dapat menunjang karirnya.
4. Agile and Adaptive
Agar mudah memahami apa itu agile and adaptive, kalian pasti pernah membaca atau mendengar istilah "sat set sat set". Nah skill ini identik dengan kemampuan seseorang yang cepat tanggap atau responsif dalam mengerjakan sesuatu atau tanggap terhadap perintah, instruksi atau arahan dari pimpinan maupun rekan kerjanya.
Selain itu skill ini juga wajib dimiliki oleh kalian agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dengan cepat agar dapat menjalani rutinitas sesuai dengan sitem dan budaya kerja yang sudah berjalan pada perusahaan tersebut.
5. Teamwork
Buat kalian ada sebuah kutipan hal yang harus dipahami dalam dunia kerja yaitu "Yang Hebat Itu Superteam Bukan Superman". Kutipan tersebut bukan tanpa makna, karena jalan dan tumbuhnya sebuah perusahaan menjadi besar karena adanya kerjasama atau teamwork yang baik antar individu yang ada pada perusahaan tersebut.
Oleh karena itu skill teamwork ini menjadi sangat penting untuk dimiliki oleh karyawan atau kalian yang masih freshgraduate yang ingin bekerja pada perusahaan besar. Skill ini juga harus ditunjang dengan kemampuan komunikasi yang baik juga atau istilah kerennya Public Speaking.
Itulah daftar 5 Softskill yang paling dibutuhkan oleh perusahaan besar yang wajib dimiliki oleh karyawan maupun pencari kerja agar bisa cepat memperoleh pekerjaan dan memingkatkan karir di dunia kerja.
Redaksi
|
5 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Oleh Karyawan Maupun Pencari Kerja |
COMMENTS