--> 4 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus. Fresh Graduate Wajib Baca | AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini

4 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus. Fresh Graduate Wajib Baca

SHARE:

Baca Juga :

Fresh Graduate adalah sebuah istilah yang diperuntukan bagi para lulusan perguruan tinggi, baik itu dari jenjang Diploma maupun Sarjana, yang baru saja lulus dalam kurun waktu kurang dari 6 (enam) bulan sejak diwisuda atau sejak menerima ijazah.

Tentunya setelah mendapatkan ilmu yang diperoleh selama kuliah di perguruan tinggi, saatnya adalah untuk menghadapi kerasnya  kehidupan dan menentukan nasib sendiri. 

Apabila kamu berasal dari keluarga yang sudah punya usaha sendiri, maka kamu bisa saja dipercaya untuk melanjutkan usaha tersebut atau bekerja ditempat yang sudah disiapkan. Namun bagaimana dengan yang tidak mendapat kesempatan tersebut? Mungkin saja kamu bisa membuka usaha sendiri bermodalkan bantuan dari pihak lain atau tabungan sendiri. 

Jika tidak dengan kedua opsi diatas, maka yang bisa kamu lakukan adalah dengan melamar pekerjaan pada tempat kerja yang kamu idamkan atau yang sesuai dengan keahlian yang kamu pelajari di Perguruan tinggi. Oleh karena itu langsung saja berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan agar cepat untuk mendapatkan pekerjaan.

1. Persiapkan Semua Dokumen Penting

Siapkan semua dokumen.seperti Ijazah, transkrip nilai, sertifikat magang/sertikat mengikuti les bahasa/skill yang lain, CV, KTP, Kartu Keluarga, Draft Surat Lamaran, foto 3X4 dan 4x6, SKCK, TOEFL dan Akta Kelahiran. 

Perbanyak masing-masing dokumen tersebut sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa Scan semua dokumen menjadi format pdf dan jpg, karena dua format tersebut yang biasa sering di gunakan dan pastikan ukuran filenya maksimal 500 Kb.

Persiapkan juga Map Khusus yang berisi Lem kertas, pulpen, pensil, penghapus, tipex, solatip, gunting, klip, amplop coklat, folio bergaris. Karena itu akan sangat bermanfaat disaat kamu membutuhkannya.

2. Buat Akun di Situs Lamaran Kerja Online

Siapkan juga akun kamu di situs lamaran kerja online seperti JobstreetJobsDBkarir.com, kalibrrglintsurbanhireindeed.comtopkarir.com, dan linkedin. Upload segala macam hal yang di butuhkan lalu mulai mencari pekerjaan yang sekiranya sesuai dengan bidang keilmuan yang kamu pelajari di Perguruan tinggi. 

Sempatkan untuk melihat semua situs lowongan online dan email tiap pagi. Tujuannya adalah agar kamu bisa update adanya panggilan wawancara atau tes psikotest. Siapkan juga email khusus untuk melamar kerjaan tersendiri agar tidak  tercampur dengan pesan masuk lainnya.

3. Manfaatkan Media Sosial

Kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan bergabung dengan grup yang ada di Facebook, Whatsapp ataupun Telegram untuk mendapatkan informasi lowongan kerja, biasanya akan banyak yang membagikan info lowongan kerja tiap harinya. 

Kalau kamu aktif di media sosial seperti instagram, pastikan untuk follow akun-akun berikut  @forumhumasbumn, @lokernas.id, @cpns_bumn, dan @lokernas. Kamu juga bisa follow akun lainnya karena di instagram banyak akun yang menyediakaninformasi tentang lowongan kerja.

Pastikan teliti dan cermati lowongan yang kamu lihat agar tehindar dari penipuan.

4. Mempersiapkan Diri

Kamu bisa mempersiapkan diri dengan melihat pengalaman orang yang pernah mengikuti seleksi sebuah pekerjaan diperusahaan.Kamu tinggal searching di google dengan kata kunci "Pengalaman proses seleksi masuk di perusahaan X".  Biasanya akan ada yang mengulasnya melalui tulisan di blog maupun video.  

Terkait dengan video, kamu bisa melihat channel Youtube dari Eza Hazami seorang HRD di salah satu perusahaan terkenal. Pada Channel tersebut ia membagikan berbagai tips mulai dari psikotes, wawancara bersama HRD, wawancara bersama user, dan tips untuk persiapan medical check up.

Pastika untuk update dan mengikuti seminar atau pelatihan untuk menambah value dirimu. Sekarang ini sudah banyak informasi tentang seminar atau pelatihan gratis yang bisa kamu ikuti. Manfaatnya lainnya selain ilmu adalah relasi dan juga sertifikat yang bisa menambah daftar positif pengalaman di CV kamu.

Apabila semua itu sudah kamu lakukan, jangan lupa untuk rajin-rajin berdoa dan minta restu ke orangtua ya.

Semoga segera mendapatkan perkerjaan pertama.

Redaksi AFS Institute
Artikel ini telah tayang pertama kali di Fianosa.com. Cek Artikel Sumber.

Cara cepat dapat kerja

COMMENTS

Dapatkan update Informasi Beasiswa dan Lomba dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO BEASISWA DAN LOMBA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfobeasiswadanlomba , kemudian join.
Dapatkan update Informasi Lowongan Kerja dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO LOWONGAN KERJA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfolowongankerja , kemudian join.
Afsinstitute.id merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis apa saja tentang Pengembangan diri, dunia kerja maupun seputar kuliah dan sekolah. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

100 Template PowerPoint Gratis,1,Alasan Resign,1,Cara Cepat Dapat Kerja,1,Cara Chat Dosen,1,Contoh Surat Pengunduran Diri,1,Curriculum Vitae,1,CV ATS Friendly,1,CV Creative,1,Download Surat Resign,1,Dunia Kerja,7,Fresh Graduate,1,Interview Kerja,1,Menghilangkan Kebiasaan Menunda,1,Menjawab Pertanyaan HRD,1,Personal Development,1,PowerPoint,1,Presentasi,1,Public Speaking,2,Rekomendasi,1,Resignation Letter,1,Skill,1,Surat Resign,1,Surat Resign Word,1,Template PowerPoint Keren dan Gratis,2,Tips,3,Wawancara Kerja,1,
ltr
item
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini: 4 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus. Fresh Graduate Wajib Baca
4 Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus. Fresh Graduate Wajib Baca
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEho32yk_YMnjbpF4ypQ2arevzpAPFAMET3hxkdioofDjxXd7Mx1pfj8PiqrdJFF53A_fUPbJl8A9R9j49vmVxshKx5jNXoXVDHgqP7tLdjU7C_VDFZvU1zfNiz2EIINm_Ovn1fxjjbv0FakNbZk1p50R99Hn3jfeAtyGS6k4QmlxEkOFNPb5eDUTwui2A/w640-h426/Cara%20Cepat%20Dapat%20Kerja.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEho32yk_YMnjbpF4ypQ2arevzpAPFAMET3hxkdioofDjxXd7Mx1pfj8PiqrdJFF53A_fUPbJl8A9R9j49vmVxshKx5jNXoXVDHgqP7tLdjU7C_VDFZvU1zfNiz2EIINm_Ovn1fxjjbv0FakNbZk1p50R99Hn3jfeAtyGS6k4QmlxEkOFNPb5eDUTwui2A/s72-w640-c-h426/Cara%20Cepat%20Dapat%20Kerja.png
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini
https://www.afsinstitute.id/2022/09/4-cara-cepat-dapat-kerja-setelah-lulus.html
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/2022/09/4-cara-cepat-dapat-kerja-setelah-lulus.html
true
8257440612078988023
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content