--> 5 Cara Efektif Untuk Menghilangkan Kebiasaan Menunda | AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini

5 Cara Efektif Untuk Menghilangkan Kebiasaan Menunda

SHARE:

Baca Juga :
Banyak orang yang bisa mencapai kesuksesan mereka karena efektif dalam menggunakan waktunya dalam menyelesaikan semua tugas dan target mereka. Padahal faktanya semua orang didunia ini dalam satu hari memiliki waktu yang sama yaitu 24 jam, tetapi berbeda atau tidak sama dalam memanfaatkan waktu yang dimiliki tersebut. Yang paling mempengaruhi dalam penggunaan waktu tersebut menjadi sia-sia adalah kebiasaan mengulur atau menunda-nunda. Ya kebiasaan negatif ini lah yang membuat seseorang menjadi tidak bisa disiplin dan tidak bisa menyelesaikan semua hal, tugas dan semua pekerjaannya sesuai waktu dan akibatnya value atau nilai kepercayaan orang kepada dirinya akan berkurang dengan sendirinya. Tentu saja kamu tidak ingin seperti itu, oleh karena itu berikut ini adalah cara efektif menghilangkan kebiasaan menunda :

1. Bangun Pagi dan Buat Daftar Kegiatan

Bangun lebih awal pada pagi hari memberikan kamu untuk mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan suasana yang tenang, udara yang segar serta waktu yang lebih banyak bagimu sebelum memulai harimu yang padat. Banyak orang sukses didunia ini yang menerapkan tentang pentingnya bangun pagi karena tubuh akan lebih produktif sehingga dapat membuat mereka lebih aktif dibandingkan orang yang bangunnya kesiangan. Selain itu dalam sehari kamu tentu memiliki banyak kegiatan mulai dari bangun pagi sampai dengan malam harinya. Dengan waktu luang pada pagi hari yang tenang tersebut, kamu bisa memikirkan dengan baik serta membuat daftar kegiatan atau tugas yang akan kamu selesaikan tanpa ada yang terlewati. Tulis semuan tugas dan kegiatan tersebut tanpa terkecuali.

2. Tetapkan Prioritas

Setelah membuat daftar kegiatan atau tugas yang akan kamu lakukan, maka sekarang adalah menentukan prioritas manakah kegiatan atau tugas yang kamu prioritaskan untuk dikerjakan atau diselesaikan terlebih dahulu. Utamakan tugas atau kegiatan yang sifatnya penting dan mendesak, kemudian tugas yang sifatnya penting namun tiadak mendesak, sampai dengan kegiatan atau tugas yang sifatnya tidak penting dan tidak mendesak.

3. Membuat Jadwal Kegiatan

Setelah medapatkan prioritas atas tugas atau pekerjaan seperti yang dijelaskan diatas, yang harus kamu lakukan adalah membuat jadwal untuk menyelesaikan tugas tersebut sesuai dengan sifatnya. Jika tugas yang diberikan tersebut misalnya diharuskan untuk selesai dalam 1 minggu, maka jadwal yang harus kamu tentukan adalah untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dalah dalam jangka waktu 5 atau 6 hari sehingga kamu bisa punya space waktu untuk melihat dan mengevaluasi tugas tersebut. Buat jadwal setiap harinya dan tentukan waktu yang menurut kamu adalah tepat dan terbaik bagimu untuk mengerjakannya apakah itu pagi, siang, sore maupun malam. Jadwal ini penting karena bisa sebagai alaram pengingat bagimu bahwa ada tugas penting yang harus diselesaikan.

4. Rutin Periksa Jadwal

Untuk meminimalisir kesalahan kecil yang mungkin saja terjadi misalnya ada tugas atau kegiatan yang belum kamu lakukan, wajib untuk kamu agar selalu memeriksa kembali jadwal yang telah kamu buat tersebut. Kebiasaan kamu dalam mengecek kembali jadwal tersebut, secara tidak langsung akan melatihmu untuk menjadi orang yang lebih teliti, cermat dan berhati-hati dalam menentukan langkah untuk bertindak dan menggunakan waktu.

5. Buat Sistem Reward dan Punishment

Reward dan Punisment atau Hadiah dan hukuman ini adalah sistem sederhana yang membantu kamu untuk selalu fokus dan tetap konsisten dalam meyelesaikan tugasmu dan menghilangkan kebiasaan menunda. Jika tugasmu berhasil diselesaikan, maka kamu perlu mengapresiasi dirimu sendiri, misalnya dengan membeli makanan kesukaanmu ataukah nonton di bioskop, atau melakukan hal lain yang menyenangkan dirimu.

Sebaliknya pula, jika tugas dan kegiatanmumu tersebut tidak dilaukan atau tidak diselesaikan karena menunda-nunda, kamu harus menghukum dirimu sendiri misalnya dengan tidak memberikan apresiasi tadi dan mungkin kamu bisa melakukan Push Up atau olah fisik lainnya sebagai hukuman. Kamu bebas menentukan apa bentuk Reward dan Punishment yang kamu terima, tetapi juga Reward dan punishment tersebut tidak boleh berlebihan. Sekali lagi ingat tujuannya adalah untuk membuatmu tetap Fokus dan Konsisten.

Itulah cara efektif menghilangkan kebiasaan menunda yang dapat kamu lakukan untuk dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan tanpa menunda nunda lagi. Ingatlah bahwa kamu akan selalu mendapat alasan jika kamu menunda-nunda tugasmu, namun kamu akan mendapatkan hasil jika kamu mengerjakannya. Kamu dapat menunda tugasmu, tetapi tidak dapat menunda waktu yang terus berjalan.

Penulis : Angelo Emanuel Flavio Seac
Artikel ini telah tayang pertama kali di Fianosa.com. Cek Artikel Sumber.
Menghilangkan kebiasaan menunda
Menghilangkan kebiasaan menunda

COMMENTS

Dapatkan update Informasi Beasiswa dan Lomba dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO BEASISWA DAN LOMBA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfobeasiswadanlomba , kemudian join.
Dapatkan update Informasi Lowongan Kerja dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO LOWONGAN KERJA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfolowongankerja , kemudian join.
Afsinstitute.id merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis apa saja tentang Pengembangan diri, dunia kerja maupun seputar kuliah dan sekolah. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

100 Template PowerPoint Gratis,1,Alasan Resign,1,Cara Cepat Dapat Kerja,1,Cara Chat Dosen,1,Contoh Surat Pengunduran Diri,1,Curriculum Vitae,1,CV ATS Friendly,1,CV Creative,1,Download Surat Resign,1,Dunia Kerja,7,Fresh Graduate,1,Interview Kerja,1,Menghilangkan Kebiasaan Menunda,1,Menjawab Pertanyaan HRD,1,Personal Development,1,PowerPoint,1,Presentasi,1,Public Speaking,2,Rekomendasi,1,Resignation Letter,1,Skill,1,Surat Resign,1,Surat Resign Word,1,Template PowerPoint Keren dan Gratis,2,Tips,3,Wawancara Kerja,1,
ltr
item
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini: 5 Cara Efektif Untuk Menghilangkan Kebiasaan Menunda
5 Cara Efektif Untuk Menghilangkan Kebiasaan Menunda
Kebiasaan Menunda membuat seseorang menjadi tidak bisa disiplin dan tidak bisa menyelesaikan semua hal, tugas dan semua pekerjaannya sesuai waktu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDmnnJYpP66fup4RnrRl6ZrGl-IUPWlOblJlzkovIqMY4YYCG3xZRsdsUHIWRGHYjeOKlgzi5FvS2P5cBjLZfSssBO4XgMYJS6wjzJctUoSBLEdjL_VDmkT7wV222ZenJLKIWmcYBR0uhsTnF5DbKwAkFnxRcF6W8I4WmXpcI-x6eiCRcyUDzJrBlzzA/w640-h426/Menghilangkan%20Kebiasaan%20Menunda.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDmnnJYpP66fup4RnrRl6ZrGl-IUPWlOblJlzkovIqMY4YYCG3xZRsdsUHIWRGHYjeOKlgzi5FvS2P5cBjLZfSssBO4XgMYJS6wjzJctUoSBLEdjL_VDmkT7wV222ZenJLKIWmcYBR0uhsTnF5DbKwAkFnxRcF6W8I4WmXpcI-x6eiCRcyUDzJrBlzzA/s72-w640-c-h426/Menghilangkan%20Kebiasaan%20Menunda.png
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini
https://www.afsinstitute.id/2022/09/5-cara-efektif-untuk-menghilangkan.html
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/2022/09/5-cara-efektif-untuk-menghilangkan.html
true
8257440612078988023
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content