--> Mengenal Curriculum Vitae, Jenis dan Contoh Template yang Bisa di Download | AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini

Mengenal Curriculum Vitae, Jenis dan Contoh Template yang Bisa di Download

SHARE:

Baca Juga :
Mengenal Curriculum vitae, jenis dan template yang bisa didownload

Bagi para pelamar kerja yang saat ini sedang berjuang, tentu saja dalam mempersiapkan dokumen kelengkapan yang disyaratkan oleh Perusahaan ada salah satu dokumen yang sangat penting dan menjadi tolak ukur bagi HRD (Human Resources Development) untuk menilai apakah pelamar kerja tersebut layak atau tidak untuk dapat bekerja pada perusahaan tersebut. Dokumen tersebut adalah CV atau Curriculum Vitae.

Pengertian dan Jenis Curriculum Vitae

Secara harafiah Curriculum Vitae berasal dari bahasa latin yang berarti Perjalanan Hidup. Curruiculum Vitae juga dipakai sebagai sebutan lain untuk Daftar Riwayat hidup. Sehingga dapat diartikan bahwa Curriculum Vitae atau CV adalah formulir atau lembaran isian yang memuat data dan informasi pribadi seseorang termasuk pengalaman serta kualifikasi maupun kompetensi lain yang ia miliki secara detail dan terukur yang digunakan untuk maksud dan tujuan tertentu.

Dalam menyusun Curriculum vitae, tentu seseorang harus dapat memahami jenis-jenis dari CV itu sendiri sehingga bisa menyesuaikan dengan keinginan dan ketentuan dari Perusahaan yang melakukan perekrutan tersebut. Oleh karena itu dibawah ini terdapat dua jenis format Curriculum Vitae beserta contohnya yakni CV ATS Friendy dan Juga CV Creative, selengkapnya dibawah ini :

CV ATR Friendly

CV ATS Friendly (Formal)

Curricullum Vitae ATS Friendly adalah salah satu jenis format CV yang formal, di mana CV ini akan terintegrasi dengan sistem yang dinamakan ATS (Applicant Tracking System). Tipe CV seperti ini akan mempermudah perekrut dalam melakukan seleksi karyawan dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini dikarenakan CV ATS Friendly akan otomatis terbaca sekaligus diseleksi secara langsung oleh sistem yang dinamakan ATS tersebut.

Berikut ini adalah Ciri Khas dari CV ATS Friendly

1. Font yang digunakan

CV ATS Friendly pada umumnya menggunakan font-font yang lazim dipakai seperti : Times New Roman, Calibri, Helvetica, dan Garamond. Font-font inilah yang biasanya digunakan ini sekaligus menjadi pembeda jika dibandingkan dengan CV non-ATS Friendly.

2. Desain Atau Bentuk CV yang Sederhana

CV ATS Friendly biasanya memiliki desain atau bentuk yang sangat sederhana. Berbeda dengan CV non ATS Friendly yang terkesan memiliki berbagai macam bentuk dan warna, CV ATS Friendly jauh lebih simple dan sederhana. Hanya ada 2 warna yang biasanya ada di CV ATS Friendly, yaitu warna putih dan warna hitam. Jenis huruf yang digunakan juga biasanya hanya satu.

3. Struktur

Struktur CV ATS Friendly biasanya sangat jelas dan tertatur. Mulai dari biografi singkat mengenai dirimu, lalu pengalaman, pendidikan, serta kemampuan yang kamu miliki. Berbeda dengan CV non-ATS Friendly yang mempunyai struktur yang kurang jelas dan kurang rapi jika dibandingkan dengan CV ATS Friendly.

Berikut link untuk download Contoh Template CV ATS Friendly :

[Download Contoh Template CV ATS Friendly Bahasa Indonesia]

[Download Contoh Template CV ATS Friendly Bahasa Inggris]

CV ATS Creative (Semi Formal)

Berbeda dengan CV ATS friendly, Curriculum Vitae Creative atau Semi Formal memiliki desain yang lebih menarik yang biasanya lebih berwarna dibanding CV ATS Friendly. CV kreatif adalah format CV yang dipergunakan untuk memberi perbedaan yang mencolok dengan CV lainnya. Tujuan penggunaan CV dengan jenis ini adalah agar dengan banyaknya pelamar kerja, CV kreatif dapat memberikan perbedaan dari segi tampilan, sehingga dapat memancing perhatian HRD untuk melihat isi dari CV tersebut lebih lanjut.

Berikut ini adalah Ciri Khas dari CV Creative

1. Visual yang menarik

Lebih enak dilihat karena selain tulisan, CV kreatif juga didukung dengan visual yang menarik. CV kreatif cocok dipergunakan saat melamar pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi seperti Graphic Designer, Illustrator, Art Director, dan sejenisnya. Jika kamu tertarik melamar pekerjaan di industri kreatif, maka cocok sekali untuk menggunakan CV kreatif ini

2. Tidak memiliki struktur yang pasti. 

CV Creative tidak memiliki standard design tertentu atau format baku, pemilihan fontnya lebih bebas dan juga dalam penggunaan warna, dengan kata lain CV Creative bebas menggunakan beberapa Font dan warna dalam satu format.

3. Tidak ATS Friendly. 

Applicant Tracking System ( ATS ) tidak di desain untuk membaca icon, symbol, gambar, warna dan sejenisnya. Maka jika satu CV Creative dimasukkan kedalam ATS, informasi yang dihasilkan akan sangat minimal bahkan ada kemungkinan tidak akan terbaca sama sekali. Walaupun terlihat menarik dan eye catching, CV Creative sangat tidak dianjurkan untuk digunakan jika kamu melamar untuk posisi posisi pekerjaan formal, seperti Sales Marketing, Accounting, Manufaktur, FMCG, Mining dan sejenisnya.

Berikut link untuk download Contoh Template CV Creative :

[Download Contoh Template CV Creative]

Demikian pengenalan terkait Curriculum Vitae, Jenis dan Contoh Template yang bisa di Download. Semoga Bermanfaat

AFS Institute

COMMENTS

Dapatkan update Informasi Beasiswa dan Lomba dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO BEASISWA DAN LOMBA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfobeasiswadanlomba , kemudian join.
Dapatkan update Informasi Lowongan Kerja dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO LOWONGAN KERJA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfolowongankerja , kemudian join.
Afsinstitute.id merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis apa saja tentang Pengembangan diri, dunia kerja maupun seputar kuliah dan sekolah. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

100 Template PowerPoint Gratis,1,Alasan Resign,1,Cara Cepat Dapat Kerja,1,Cara Chat Dosen,1,Contoh Surat Pengunduran Diri,1,Curriculum Vitae,1,CV ATS Friendly,1,CV Creative,1,Download Surat Resign,1,Dunia Kerja,7,Fresh Graduate,1,Interview Kerja,1,Menghilangkan Kebiasaan Menunda,1,Menjawab Pertanyaan HRD,1,Personal Development,1,PowerPoint,1,Presentasi,1,Public Speaking,2,Rekomendasi,1,Resignation Letter,1,Skill,1,Surat Resign,1,Surat Resign Word,1,Template PowerPoint Keren dan Gratis,2,Tips,3,Wawancara Kerja,1,
ltr
item
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini: Mengenal Curriculum Vitae, Jenis dan Contoh Template yang Bisa di Download
Mengenal Curriculum Vitae, Jenis dan Contoh Template yang Bisa di Download
Secara harafiah Curriculum Vitae berasal dari bahasa latin yang berarti Perjalanan Hidup. Terdapat dua jenis CV yaitu CV ATR Friendly dan CV Creative
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2XqW5TZN4lJUMwcH5OQq0KWXkoEfMQ7ti9IMsO7SPo5wtbvPrMqyjRQsi7vGc9qCxPy6EvYDTczDO115LBOpCnaFTtcgosa4BPxacIB2gw76X_PKQQLwWoGiQuRB4SoGfhD0Ce_d5VU7RT_MuV7xjaaLDHSyiGuYvasCmq9hM9DlTW0beDR_Mmsp3pw/w640-h426/Download%20Contoh%20Curriculum%20Vitae.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2XqW5TZN4lJUMwcH5OQq0KWXkoEfMQ7ti9IMsO7SPo5wtbvPrMqyjRQsi7vGc9qCxPy6EvYDTczDO115LBOpCnaFTtcgosa4BPxacIB2gw76X_PKQQLwWoGiQuRB4SoGfhD0Ce_d5VU7RT_MuV7xjaaLDHSyiGuYvasCmq9hM9DlTW0beDR_Mmsp3pw/s72-w640-c-h426/Download%20Contoh%20Curriculum%20Vitae.png
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini
https://www.afsinstitute.id/2022/09/mengenal-curriculum-vitae-jenis-dan.html
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/2022/09/mengenal-curriculum-vitae-jenis-dan.html
true
8257440612078988023
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content