--> Tips Menghadapi Pertanyaan Penting Pada Interview Kerja Beserta Contoh Jawabannya | AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini

Tips Menghadapi Pertanyaan Penting Pada Interview Kerja Beserta Contoh Jawabannya

SHARE:

Baca Juga :
Menghadapi pertanyaan wawancara kerja dan contoh jawabannya
Menghadapi pertanyaan wawancara kerja dan contoh jawabannya

Interview kerja adalah salah satu tahapan dalam poses seleksi kerja yang tentu saja sangat penting.  Tahapan ini menjadi kesempatan pagi pelamar untuk dapat mempromosikan diri kepada pihak perekrut bahwa dirinya adalah kandidat yang layak dan berkompeten sehingga bisa memperoleh peluang untuk direkrut.

Fakta yang perlu diketahui bahwa ternyata tidak sedikit yang mengalami kegagalan dalam tahap interview ini. Berdasarkan data yang dilansir dari Job Description Library, lebih dari 50% kandidat yang ditolak pada saat interview tahap pertama.

Berdasarkan data dan fakta tersebut diatas tentu saja bagi kalian yang akan menghadapi interview perlu mempersiapkan diri dengan cara mempelajari pertanyaan interview beserta cara menjawabnya agar kalian nantinya dalam menghadapi interview dapat tampil dengan lebih nyaman dan percaya diri. 

Pertanyaan wawancara atau interview kerja biasanya tidak jauh berbeda di setiap perusahaan, oleh karena itu berikut ini ada Tips Lengkap Menghadapi Pertanyaan Penting Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya :

1. Katakan Tentang Dirimu

Ketika interviewer atau HRD mengajukan pertanyaan "Coba Jelaskan Tentang Dirimu" atau "Katakan Tentang Dirimu" maka :
jangan sampai kamu menjawab : Saya lahir di... atau saya suka berjalan di taman...
Melainkan yang harus kamu lakukan adalah Sampaikan diri anda dan mengapa anda termasuk dalam kualifikasi.

Contoh jawaban :
Baik pak/bu, Perkenalkan nama saya Mirna Kartika, saya berasal dari Malang, Jawa Timur. Kualifikasi pendidikan saya adalah Magister Hukum lulusan dari Universitas Indonesia. Saya memiliki pengalaman sebagai staff legal pada perusahaan properti. Saya orangnya teliti dan bisa berkomunikasi dengan baik. Saya berharap dapat berkontribusi pada perushaan ini.

2. Apa Kelebihanmu ?

Ketika kalian ditanya seperti ini, maka janganlah merendah, karena ini adalah kesempatan kamu untuk mempromosikan diri. Pastikan kamu tidak menawarkan kelebihan pada dirimu yang tidak relevan.
Tips dalam menjawab pertanyaan ini adalah kalian harus mengatakan tentang kelebihanmu yang berkaitan dengan erat dengan pekerjaan yang akan kamu lakukan. Berikan juga demonstrasi atau contoh secara spesifik tentang kelebihanmu tersebut.

Berikut ini adalah poin-poin kelebihan diri yang bisa kamu gunakan :
  • Mampu menyesuaikan diri
  • Pekerja Keras
  • Fleksibel
  • Optimis
  • Kooperatif
  • Cepat Mengambil Keputusan 
  • Energik
  • Jujur
  • Tepat Waktu
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
Contoh jawaban :
Saya mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Dengan kemampuan ini saya dapat menyampaikan informasi dan meanggapi orang lain dengan tepat dan baik sehingga tidak terjadi miss komunikasi. Apalagi nantinya jika saya bekerja sebagai legal dalam perusahaan ini, nantinya saya harus berhubungan dengan pihak internal perusahaan maupun pihak ketiga dan kesemuanya itu harus didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik.

3. Apa Kelemahanmu ?

Ketika kalian ditanyakan oleh HRD mengenai kelemahan kalian, maka tipsnya adalah jangan sampai menyebut bahwa kalian tidak punya kelemahan. Jangan juga menyebutkan kelemahan yang relevan dengan pekerjaan kalian, kemudian jawablah kelemahan yang ada pada diri kalian yang mana itu tidak berkaitan secara langsung dengan pekerjaan kalian serta yang paling penting adalah cara kalian untuk mengatasinya.
Contoh poin-poin kelemahan yang masih dalam kategori aman :
  • Sensitif
  • Pelupa
  • Tidak Sabaran
  • Banyak Bicara
  • Tidak bisa menolak ketika ada yang meminta pertolongan
Contoh jawaban :
Saya adalah orang yang pelupa pak/bu, tetapi untuk mengatasi hal tersebut saya menyiapkan catatan harian serta pengingat pada handphone saya mengenai kegiatan serta tugas yang harus saya lakukan sehingga semuanya dapat berjalan lancar.

4. Apa Tujuan Karir Anda?

Ketika ditanyakan tujuan karir, jangan sampai memberikan jawaban seperti : "Tujuan saya adalah untuk membeli sebuah mobil mewah atau rumah" atau misalnya "saya akan menikah tahun ini dan kemudian..dst". Pastikan kalian memberikan jawaban secara spesifik tentang tujuan jangka pendek dan juga jangka panjang kalian. 

Sampaikan hasrat kalian untuk belajar lebih dalam meningkatkan prestasi serta bagaimana kalian dapat mencapai tujuan tersebut.

Contoh Jawaban :
Tujuan jangka pendek saya adalah dapat diterima pada perusahaan ini karena sesuai dengan skill dan kemampuan saya, dimana saya dapat memaksimalkan kompetensi pada diri saya untuk meningkatkan karir saya. Tujuan jangka panjang saya adalah saya berkeinginan untuk dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan tambahan yang dapat menunjang skill saya sehingga saya dapat memperoleh posisi yang cukup baik dan sesuai pada organisasi.

5. Mengapa Anda Pindah Kerja ?

Dalam menghadapi pertanyaan menjebak seperti ini, yang harus kamu pastikan adalah jangan sampai memberikan jawaban atau pernyataan apapun yang negatif tentang pimpinan, rekan kerja ataupun tempat kerja kalian sebelumnya. Pastikan kalian memberikan jawaban terkait dengan bagaimana kalian melihat sebuah tantangan baru dalam karir kalian ataupun ingin belajar tentang sesuatu yang baru.

Pastikan poin-poin ini ada dalam jawaban kalian jika ditanya demikian :
  • Berterimakasih pada tempat kalian bekerja sebelumnya
  • Berikan alasan kalian pindah kerja
  • Kaitkan dengan tujuan karir kalian
Contoh Jawaban :
Tentunya saya berterimakasih kepada tempat saya bekerja sebelumnya, karena saya telah banyak belajar.Namun saya melihat bahwa untuk dapat meningkatkan kompetensi saya, pengetahuan, personal serta finansial, Perusahaan Bapak/Ibu adalah Tempat terbaik untuk saya dapat berkontribusi dan mewujudkan hal tadi tersebut.

6. Mengapa Anda Ingin Bekerja Pada Perusahaan Kami?

Untuk menjawab pertanyaan ini, hindari memberikan jawaban bahwa kalian tertarik pada pekerjaan ini hanya karena pekerjaan ini saya yang tersedia untuk pelamar baru. Tetapi hal penting yang harus kalian lakukan adalah mencari tahu tentang perusahaan tempat kalian ingin bekerja tersebut, mulai dari sejarah, prestasi, lokasi kantor pusat, bidang apa, sampai dengan siapa pendirinya.

Pastikan poin-poin ini ada dalam jawaban kalian jika ditanya demikian :
  • Sampaikan apa yang kalian sukai dari perusahaan perekrut tersebut;
  • Mengetahui profil lengkap perusahaan tersebut;
  • Kaitkan dengan tujuan karir kalian.
Contoh Jawaban :
Saya akan bangga apabila dapat bergabung dan berkontribusi untuk perusahaan yang  memiliki sejarah panjang ini.Ketika saya membaca mengenai company profile dari perusahaan ini saya mendapati bahwa saya sangat cocok dengan budaya dan sistem kerja disini, selain ini kebutuhan posisi disini juga sesuai dengan kemampuan saya, sehingga saya bisa memaksimalkan potensi dan dapat berkontribusi untuk perusahaan ini.

7. Mengapa Kami Harus Memperkerjakan Anda?

Apabila anda ditanya demikian maka kalian harus menjelaskan tentang pengetahuan anda pada bidang yang anda lamar tersebut, kemudian ceritakan pengalaman kerjamu serta kaitkan itu dengan kemampuan anda dan tujuan karir anda pada posisi tersebut. Jangan memberikan jawaban seperti :
- "Karena saya kandidat terbaik"; atau
-"Anda akan menyesal tidak memperkerjakan saya."

Pastikan poin-poin ini ada dalam jawaban kalian jika ditanya demikian :
  • Bagikan pengetahuan;
  • Ceritakan pengalaman pekerjaan sebelumnya;
  • Kaitkan dengan tujuan karir kalian.
Contoh jawaban :
Bapak/Ibu, saya sendiri mempunyai etos kerja yang kuat, saya sangat cepat belajar dan antusias dengan perusahaan serta posisi pekerjaan ini. Saya yakin, motivasi dan semangat saya akan menjamin saya secara cepat menjadi anggota yang produktif dan bernilai di perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga sudah 3 tahun bekerja sebagai Marketing, sehingga saya yakin dan percaya dengan pengalaman tersebut, saya bisa beradaptasi dengan cepat di perusahaan ini.

8. Berapa Gaji yang Anda Inginkan ?

Apabila anda ditanya demikian, maka pastikan anda harus memberikan jawaban yang tegas dan meyakinkan sehingga Pihak yang mewawancara atau HRD yakin dengan ada. Tips dalam menghadapi pertanyaan tersebut adalah pastikan anda ingin lebih fokus kepada tugas dan pekerjaan anda sebelum menjawab besaran jumlah gaji yang diinginkan, kemudian pastikan juga anda sudah riset terlebih dahulu mengenai besaran gaji sesuai dengan posisi anda bekerja sehingga anda bisa mantap dalam menjawab pertanyaan tersebut.

Pastikan poin-poin ini ada dalam jawaban kalian jika ditanya demikian :
  • Sampaikan anda fokus terhadap pekerjaan
  • Sampaikan anda fleksibel terhadap berapa gaji yang akan diberikan
  • Sebutkan range gaji sesuai dengan posisi pekerjaan yang anda lamar tersebut
  • Tawarkan keterbukaan untuk mendiskusikan gaji anda tersebut.
Contoh Jawaban :
Saya ingin lebih foksu tentang tugas khusus yang saya akan lakukan di posisi ini apabila saya diterima pada perusahaan ini. Akan tetapi apabila harus memberikan jawaban yang jelas, berdasarkan informasi dan riset saya bahwa posisi yang saya lamar ini memiliki range gaji sekitar Rp. 5.000.000 sampai Rp. 7.000.000 untuk wilayah Surabaya. Dengan pengalaman, keterampilan, dan sertifikasi yang saya miliki, saya berharap untuk dapat menerima sesuai dengan range nilai tersebut. Saya terbuka untuk mendiskusikan mengenai jumlah gaji saya tersebut. Terimakasih

Tips Menghadapi Pertanyaan Penting Pada Interview Kerja Beserta Contoh Jawabannya. Semoga bermanfaat 

AFS Institute

COMMENTS

Dapatkan update Informasi Beasiswa dan Lomba dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO BEASISWA DAN LOMBA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfobeasiswadanlomba , kemudian join.
Dapatkan update Informasi Lowongan Kerja dari afsinstitute.id. Mari bergabung di Grup Telegram "INFO LOWONGAN KERJA", caranya klik link https://bit.ly/grupinfolowongankerja , kemudian join.
Afsinstitute.id merupakan platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi generasi muda menulis apa saja tentang Pengembangan diri, dunia kerja maupun seputar kuliah dan sekolah. Submit tulisanmu secara mandiri lewat link ini ya.
Nama

100 Template PowerPoint Gratis,1,Alasan Resign,1,Cara Cepat Dapat Kerja,1,Cara Chat Dosen,1,Contoh Surat Pengunduran Diri,1,Curriculum Vitae,1,CV ATS Friendly,1,CV Creative,1,Download Surat Resign,1,Dunia Kerja,7,Fresh Graduate,1,Interview Kerja,1,Menghilangkan Kebiasaan Menunda,1,Menjawab Pertanyaan HRD,1,Personal Development,1,PowerPoint,1,Presentasi,1,Public Speaking,2,Rekomendasi,1,Resignation Letter,1,Skill,1,Surat Resign,1,Surat Resign Word,1,Template PowerPoint Keren dan Gratis,2,Tips,3,Wawancara Kerja,1,
ltr
item
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini: Tips Menghadapi Pertanyaan Penting Pada Interview Kerja Beserta Contoh Jawabannya
Tips Menghadapi Pertanyaan Penting Pada Interview Kerja Beserta Contoh Jawabannya
Berikut ini adalah tips menghadapi beberapa pertanyaan penting yang sering muncul pada interview kerja beserta contoh jawabannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiucdL6vq3vRkuNumvSH1hqkNFqUnFZkFNbu4ehaVvHC2ZvtNAXoYxcPFK0r2yUjztjFqJU8TuQOgczR1lghKAIxZQvUeEi-Opxz_ahQ3hvG5VnjRxRQ3aJXBn23Iqhi9ZRDuIlPXkCpTdDqa3g9kMDC01NCp9g_cJ53KdXPBk_SIMJ0All9ooeAlCoGQ/w640-h426/Tips%20Menghadapi%20Pertanyaan%20Wawancara%20dan%20contoh%20jawabannnya.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiucdL6vq3vRkuNumvSH1hqkNFqUnFZkFNbu4ehaVvHC2ZvtNAXoYxcPFK0r2yUjztjFqJU8TuQOgczR1lghKAIxZQvUeEi-Opxz_ahQ3hvG5VnjRxRQ3aJXBn23Iqhi9ZRDuIlPXkCpTdDqa3g9kMDC01NCp9g_cJ53KdXPBk_SIMJ0All9ooeAlCoGQ/s72-w640-c-h426/Tips%20Menghadapi%20Pertanyaan%20Wawancara%20dan%20contoh%20jawabannnya.png
AFS Institute | Kembangkan Skill Kamu Disini
https://www.afsinstitute.id/2022/11/tips-menghadapi-pertanyaan-penting-pada.html
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/
https://www.afsinstitute.id/2022/11/tips-menghadapi-pertanyaan-penting-pada.html
true
8257440612078988023
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA Topik Terkait ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Topik Terkait Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content